Pengikut



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

 


Indorubrik.com - Tanjungbalai Sumut

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib didampingi Kadis Sosial Kota Tanjungbalai M. Idris, BPBD Tanjungbalai, Camat Datuk Bandar, Lurah Pantai Johor serta Muspika Kecamatan Datuk Bandar mengunjungi rumah warga korban kebakaran yang berlokasi di Gang David/Bambu, Lk IV, Kelurahan Pantai Johor, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai, Senin sore (18/10/2021)


Kedatangan Plt Wali Kota bersama rombongan dalam rangka memberikan semangat dan doa sekaligus menyerahkan bantuan dari Pemkot Tanjungbalai kepada warga yang mendapat musibah kebakaran.

 

Bantuan diserahkan langsung Plt Wali Kota H.Waris kepada warga yang menjadi korban kebakaran yakni keluarga bapak Yafizham Bakti Art (66), M Syahrem BB (45), Andy Surya Nasution (36) dan Rizky Ananda (26) berupa bantuan uang tunai, sembako, pakaian, air mineral, beras dan peralatan memasak, perlengkapan mandi dan bantuan lainnya yang berasal dari dinas sosial dan BPBD Tanjungbalai.


Dalam sambutannya, Plt Wali Kota H. Waris Thalib atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai menyampaikan turut berbelasungkawa atas kejadian yang menimpah bapak dan saudara kami yang menjadi korban kebakaran


“Kedatangan kami hari ini adalah untuk memberi semangat, menghaturkan doa kepada para keluarga korban kebakaran, cobaan yang telah terjadi semoga diterima dengan ikhlas jangan berkecil hati dan harus semangat kembali dalam menjalani hari harinya. Semua ini adalah ujian, mudah mudahan Allah akan mengganti kerugian kita dengan lebih baik lagi, kuncinya ikhlas dan tetap berdoa,” Ungkap Waris

 

Tentu siapapun tidak akan ingin dan menerima musibah ini terjadi. Maka oleh sebab itu mari kita jadikan bencana ini menjadi ikhtiar dan pelajaran bagi kita semua,” ujarnya.


Selanjutnya, Plt Wali Kota menyampaikan kepada lurah dan camat untuk membantu warga kita yang sedang ditimpah musibah terutama dalam pengurusan surat surat atau dokumen penting seperti ijazah, sertifikat dan dokumen lainnya. Saya sudah sampaikan agar dibantu untuk hal itu.


Hari ini, Pemkot Tanjungbalai menyerahkan bantuan, semoga bantuan yang diserahkan dapat meringankan sedikit beban keluarga usai terkena musibah,” tambah Plt Wali Kota H.Waris


“Harapan kita, semoga musibah ini tidak terjadi lagi dan buat keluarga yang ditimpah musibah Insyaallah dapat secepatnya memperbaiki rumahnya, sehingga dapat tinggal kembali di lokasi semula,” pungkas Plt Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib


Usai mengunjungi Korban Kebakaran di Kelurahan Pantai Johor, Selanjutnya Plt Wali Kota dan rombongan juga mengunjungi mengunjungi rumah Fitra ananda (25) salah seorang warga yang menjadi korban kebakaran dan berada di Jalan Rel Kereta Api Lk IV Kelurahan Muara Sentosa, Kecamatan Sei Tualang Raso.


Sebagaimana diketahui, pada hari Sabtu sore hingga Minggu subuh telah terjadi kebakaran di tiga lokasi di Kota Tanjungbalai yakni pertama di Jalan Rel Kereta Api Lk IV Kel Muara Sentosa, Kecamatan Sei Tualang Raso pada Sabtu sore (16/10), Kedua di Jalan Sudirman, Kelurahan Perwira, Kecamatan Tanjungbalai Selatan pada Sabtu malam (16/10) dan ketiga minggu subuh (17/10) di Gg David, Lk IV, Kelurahan Pantai Johor, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai. (Haryanto)


Plt Wali Kota Pimpin Rakorpem Pemkot Tanjungbalai


Tanjungbalai, Indorubrik.com - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H Waris Thalib buka dan pimpin Rapat Koordinasi Pemerintahan (Rakorpem) di Lingkungan Pemkot Tanjungbalai yang digelar di Aula Thamrin Munthe, Kantor Wali Kota Tanjungbalai Senin (18/10/2021).


Pada Rakorpem tersebut, Plt Wali Kota menyampaikan beberapa poin yang harus menjadi fokus OPD memasuki triwulan ke empat APBD TA 2021 agar rencana kerja yang telah disusun dapat terlaksana, demi pelayanan dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat.


Dikatakan Waris, saat ini, tahun anggaran 2021 telah memasuki triwulan empat. Dimana, sesuai laporan realisasi keuangan keuangan, realisaai pendapatan dan realisasi belanja masih perlu dikejar lagi agar mencapai angka yang maksimal.


Waris mengingatkan, saat ini P APBD Kota Tanjungbalai Tahun 2021 telah disahkan oleh DPRD Kota Tanjungbalai, sehingga diharapkan OPD segera meningkatkan capaian pendapatan asli daerah (PAD) dan serapan anggaran belanja sesuai sengan ketentuan peraturan. Untuk itu, langkah percepatan penyerapan anggaran agar benar benar dikerjakan dengan baik dan akurat serta tepat sasaran.


“Kita harapkan sesegera mungkin dengan kerjasama semua pihak, saling bersinergi dan bekerja dengan berbagai inovasi agar kondisi kota kita ini semakin baik dan semua apa yang kita lakukan dapat memberi manfaat bagi masyarakat,” ujar Waris.


Diharapkan semua OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungbalai dapat memahami dan bisa semakin berinovasi lagi, jangan fokus dengan kegiatan yang itu itu saja dan dengan anggaran yang sama setiap tahunnya, saya berharap OPD harus bisa menciptakan peluang investasi dengan menggandeng pihak swasta dan pihak lainnya dalam mengembangkan sektor sektor tertentu yang dapat meningkatkan PAD kita, sebutnya.


Hadir pada Rakorpem tersebut, Plh Sekdakot Tanjungbalai Nurmalini Marpaung, Asisten Ekbangsos Zainul Arifin, pimpinan OPD, pimpinan Badan Usah Milik Daerah (BUMD) PDAM Tirta Kualo, para kabag, Camat di lingkungan Pemkot Tanjungbalai. (Haryanto)


Plt Wali Kota Tanjungbalai Hadiri ISCFE 2021 di Yogyakarta


Tanjungbalai, Indorubrik.com - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H Waris Thalib didampingi Plh Sekdakot Nurmalini Marpaung dan para Kepala OPD menghadiri acara Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021, yang dilaksanakan Asosiasi Pemerintah Kota se Indonesia (APEKSI) tingkat Nasional, di The Rich Jogja Hotel, Jalan Magelang, Sleman, Yogyakarta dan digelar selama tiga hari mulai 13-15 Oktober 2021.


Acara ISCFE dibuka oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual, mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ISCFE diharapkan Pemerintah Daerah harus dapat berkolaborasi.


Luhut Binsar Panjaitan saat membuka ISCFE secara virtual mengucapkan selamat atas terselenggaranya ISCFE 2021. Menurutnya, terselanggaranya acara ISCFE berkat kerja keras dari APEKSI yang bersama-sama ingin terus memberikan berubahan dan penambahan nilai positif di masing-masing kota. Sehingga menjadi kota yang pintar atau smart city.


“Pemerintah Daerah harus inovatif, baik di industri jasa maupun produksinya yang dapat ditingkatkan, sehingga berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi,” ungkap Luhut Binsar Panjaitan


Luhut Binsar Pandjaitan berharap, seluruh anggota APEKSI perlu sesegera mungkin memanfaatkan program smart city, sehingga setiap kota akhirnya mampu mencapai tujuan dari smart city yaitu, mulai penggunaan energi rumah ramah lingkungan, hingga pengelolaan zat sisa atau bagian industri bisa dengan dikelola baik, sehingga seluruh lapisan masyarakat memiliki kesadaran.

 

Sebelum membuka kegiatan ISCFE  secara resmi, Jenderal TNI purnawirawan ini berpesan, agar seluruh kota-kota di Indonesia bisa bekerja secara terintegrasi, dan kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu menerapkan aturan protokol kesehatan. 


“Saya berpesan agar kita semua bekerja secara terintegrasi untuk mencapai semuanya, dan saya ingin ingatkan, selalu menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 3M dan jangan lupa, dan jangan lengah, walaupun kasus kita mulai menurun, disiplin tetap harus kita tegakkan bersama,” Ungkap Luhut Binsar Panjaitan.


Ketua Dewan Pengurus APEKSI Dr. Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor, kegiatan APEKSI terselenggara bertepatan dengan beberapa momentum. Pertama, kegiatan tersebut dapat terlaksana merupakan kerja keras para Kepala Daerah se-Indonesia. Karena dengan saat ini Covid-19 melandai, dan dipuji oleh forum internasional, merupakan keberhasilan sinergi dan kolaborasi semua pihak. “Ini mudah-mudahan terus kita jaga momentum dan tidak ada lagi varian baru lainnya,” harap Bima Arya.


Momentum yang kedua, kata Bima Arya, juga tepat karena APEKSI harus dikonsolidasikan kembali. “Kenapa? Kita semua sudah cukup lama bergerak, mungkin dari tahun 2002-an, tentang kota cerdas ini, dibuat peringkat ini, peringkat itu, ada yang di kantor ini ada yang di kantor itu, konsep ini konsep itu, tapi seolah-olah masing-masing berjalan dengan cara masing-masing. Ada yang bergerak lari ada yang stagnan. Kita sebetulnya mengalami satu momentum percepatan dan akselerasi menjadi smart city dengan adanya Pandemi,” ungkap Bima Arya.


Kedua smart city untuk partisipasi mendorong warga untuk bisa berperan dalam menggerakkan roda perubahan dan pembangunan, dan yang ketiga smartcity untuk transparansi. 


Jadi tidak ada korupsi, tidak ada hal-hal yang bertentangan dengan hukum,” katanya.


“Jadi smart city ini kan ditopang oleh 3 dimensi utama, dengan smartcity itu kerja birokrasi kita lebih efisiensi dan memudahkan dalam melayani warga," pungkas Bima Arya


Plt Wali Kota Tanjungbalai, Waris usai mengikuti pertemuan ISCFE 2021 mengatakan sesuai apa yang disampaikan Menko Kemaritiman dan Investasi dan para narasumber, dalam upaya percepatan Smart City yang merupakan rencana pembangunan jangka panjang Nasional perlu dikolaborasikan dan disinergikan antar daerah - daerah Pemerintah Kota se Indonesia. Dengan tujuan bagaimana percepatan pelaksanaan Smart City bisa merata di seluruh daerah.


"Bagaimana substansi tiga hal yang menjadi poin penting dalam smart city adalah pertama efisiensi, kemudian yang kedua adalah terkait partisipasi, dan yang ketiga adalah transparansi. Ha inilah yang terus akan kita lakukan dan benahi di Kota Tanjungbalai," Ujar Waris 


Kedepan, Pemkot Tanjungbalai akan terus mengembangkan hingga semuanya sudah integreted dalam satu basis data yang terintegrasi untuk seluruh OPD di dalam penyelenggaraan pemerintahan, termasuk masyarakat dan sosialnya, Pungkas Plt Wali Kota Waris Thalib. (Haryanto)


Kunker Plt Wali Kota Tanjungbalai Ke Kementerian Koperasi RI


Tanjungbalai, Indorubrik.com - Dalam rangka memperkuat sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang berkesinambungan, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Thalib didampingi Plh Seketaris Daerah Nurmalini Marpaung beserta Kepala OPD melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Koperasi dan UKM RI


Kunjungan tersebut sebagai rangkaian dari lawatan Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai yang dipimpin Plt Wali Kota jelang menghadiri Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021, yang dilaksanakan Asosiasi Pemerintah Kota se Indonesia (APEKSI) tingkat Nasional, di The Rich Jogja Hotel, Yogyakarta pada 13 hingga 15 Oktober di Yogyakarta.


Rombongan Pemkot Tanjungbalai diterima langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki didampingi Staf khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, M. Riza Damanik diruang kerja Menteri Koperasi RI, Lt VIII, Jakarta Jumat (8/10/2021)


Pada kesempatan tersebut Plt Wali Kota Tanjungbalai, Waris Thalib menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan yang begitu hangat dari bapak Menteri Koperasi dan UKM RI. Waris juga menyampaikan, jika Bapak berkenan dan ada waktu untuk dapat berkunjung ke Kota Tanjungbalai


Secara khusus,Plt Wali Kota Tanjungbalai juga bermohon terkait program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM RI yang dapat disinergikan dengan Pemerintah Kota Tanjungbalai dibidang peningkatan program Koperasi dan UKM sehingga mampu memiliki produk UMKM yang berdaya saing di Kota Tanjungbalai yang mana hal ini sejalan dengan program Pemerintah Pusat terkait pemulihan ekonomi.


Beberapa hal yang menjadi fokus perhatian di Kota Tanjungbalai yang akan dikembangkan diantaranya pengolahan briket arang dari kelapa, tempat pelelangan ikan (TPI) mengingat Kota Tanjungbalai dikenal sebagai salah satu penghasil ikan di Sumatera Utara.


Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki menyampaikan agar Pemerintah Kota Tanjungbalai dalam waktu dekat dapat membuat Koperasi bagi nelayan mengingat masyarakat Tanjungbalai yang sebagian besar bekerja sebagai nelayan.


"Pemerintah daerah, khususnya Kota Tanjungbalai juga terus mengembangkan UMKM yang terus bergerak dalam menumbuhkan ekonomi nasional. Kemampuan produk lokal juga harus terus kita dukung, produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM harus benar benar mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dan memiliki daya saing dengan produk yang sama baik secara nasional, Ungkapnya. (Haryanto)


Plt Wali Kota Tanjungbalai Kunker Ke Kemendagri RI


Tanjungbalai, Indorubrik.com - Dalam upaya meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) di Kota Tanjungbalai, Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai  terus berupaya membangun sinergisitas dengan Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kunjungan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Plt Wali Kota Tanjungbalai Waris Thalib bersama jajaran sebelum menghadiri pertemuan Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021, yang dilaksanakan Asosiasi Pemerintah Kota se Indonesia (APEKSI) tingkat Nasional, di Yogyakarta 13 hingga 15 Oktober 2021.


Plt Wali Kota Waris Thalib didampingi Plh Sekda Nurmalini Marpaung dan OPD terkait sebelumnya diterima Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Kemendagri Bahtiar Baharuddin diruang kerjanya dan selanjutnya digedung yang sama bertemu dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Otda Akmal Malik.


"Kegiatan pada hari ini memang kita ikhtiarkan untuk membangun sinergi, dalam hal meminta arahan dan sharing informasi dari Kemendagri dalam hal ini Ditjen Polpum dan Ditjen Otonomi Daerah (Otda) terkait pelaksanaan Tata Kelola Pemerintahan yang baik di daerah, dalam hal ini Kota Tanjungbalai," Ujar Plt Wali Kota Waris Thalib usai bertemu dengan Dirjen Pol & Pum dan Dirjen Otda di Kantor Kemendari, Jakarta 


Sinergitas Pemerintah Pusat dan Daerah sangatlah penting saat ini ditengah pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir dan dalam rangka bagaimana kita di daerah dapat menyesuaikan berbagai tugas kenegaraan dengan kondisi di tengah pandemi saat ini. Menurutnya, kondisi ini membutuhkan inovasi serta evaluasi kerja-kerja yang telah dilakukan sebelumnya. Hal inilah yang kita lakukan, kita berharap mendapat saran dan informasi dari Kemendagri baik melalui Ditjen Otda dan Ditjen Pol & Pum agar dapat menjadi wejangan Pemkot Tanjungbalai nantinya, ungkapnya


Waris menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya atas penerimaan yang begitu baik dari Kemendagri, Dirjen Otda dan Dirjen Pol & Pum yang telah memberikan waktu dan kesempatan untuk bertemu. "Kami tentu sangat berbanggga hati dan berterima kasih kepada Direktur Jenderal (Dirjen) Otda Akmal Malik dan Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar Baharuddin berkenan menerima kami langsung," Pungkasnya. (Haryanto)


Plt Wali Kota Terima Kunjungan Silaturahmi Tengku Erry Nuradi


Tanjungbalai, Indorubrik.com - Plt Wali Kota Tanjungbalai H Waris Thalib menerima kunjungan silaturahmi Dr Ir Tengku Erry Nuradi, MBA, MSi, di Ruang Kerja Wakil Walikota Lantai III Kantor Walkot Tanjungbalai, Kamis (21/10/2021).


Kehadiran Tengku Erry Nuradi, adik almarhum Mayjen TNI (Purn) Tengku Rizal Nurdin yang pernah menjabat Pangdam I/BB pada tahun 1997-1998 dan juga Gubsu 2016-2018 itu, ikut disambut Asisten II Ekbansos Zainul Arifin, Kadis PMP2TSP Tanjungbalai, Edward Syah dan Kabag Pemerintahan dan Otda Setdakot Tanjungbalai Pahala Zulfikar.


Dalam kunjungannya tersebut, Tengku Erry Nuradi didampingi putranya TM Ryan Novandi menjelaskan niatnya tak lain untuk membangun tali silaturahmi dengan Pemkot Tanjungbalai terutama kepada Plt Wali Kota, H Waris Thalib, S. Ag. M.M.


Selain bersilaturahmi dan saling bertukar informasi, dalam kunjungan tersebut Plt Wali Kota juga mengajak Tengku Erry menikmati makanan khas Kota Tanjungbalai sambil makan siang di salah satu rumah makan Gule Masam GAOK yang berlokasi di Kapias Pulau Buaya, Sei Merbau, Teluk Nibung.


Setelah makan, Plt Wali Kota beserta Tengku Erry melaksanakan Shalat Berjamaah bersama, sebelum meninggalkan Kota Tanjungbalai. (Haryanto)


Leave A Reply