Pengikut



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


 indorubrik.com - Gayo Lues Aceh

Lestarikan budaya Gayo Lues,wakil Bupati Gayo Lues buka perlombaan dan pagelaran regenerasi pongot sanggar seni beringin sejuk SMA Negri 1 Rikit Gaib bekerjasama dengan kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi. Senin, (15/11/2021).


Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani Spd mengatakan bahwa pongot merupakan cara orang tua zaman dahulu menyampaikan pesan baik itu nasihat atau ajaran tata lainnya  sehingga sangat bagus untuk dilestarikan.


"Para orang tua zaman dahulu, kita pastikan 70 tahun ke belakang masih jarang yang bisa tulis dan baca tetapi pongot ini lah yang menjadi sebagai  sarana untuk menasehati baik di acara perkawinan dan acara lainnya".Ucap Said


Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Gayo Lues Firdaus, SH.MAP mengungkapkan bahwa saat ini anak muda Indonesia khususnya gayo lues lebih menyukai budaya korea, india dan budaya asing lainnya dan menurutnya bahwa hal tersebut sangat disayangkan karena saat ini budayawan asing malah datang ke daerah Gayo Lues untuk mempelajari budaya indah milik Suku Gayo.


Kegiatan perlombaan tingkat SMP dan SMA yang dilaksanakan di gedung bale Pendopo Bupati Gayo Lues  tersebut diikuti oleh total 39 orang peserta yang berlaga di masing-masing tingkat.


Adapun kriteria penilaian dalam perlombaan ini adalah adab, isi pesan yang disampaikan dalam pongot, irama asli Gayo Lues, penghayatan, keasliannya bahasa yang digunakan dan waktu yang tidak boleh kurang atau pun lebih.(Sabirin)


Leave A Reply