Pengikut



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

 

indorubrik.com - Gayo Lues Aceh

Serahkan Sanitasi dan sarana air bersih bantuan Baitul Mal secara sombolist bagi 55 KK di Kecamatan Blangpegayon. Wakil  Bupati Gayo Lues H. Said Sani  Memintah Kepada Baitul Mall Gayo Lues untuk membentuk Baitul Mal di kampung -Kampung. Hal tersebut di sampaikan pada Kamis 02 /13/21 di  Menasah Kampung tetinggi Kecamatan Blangpegayon . 


Penyerhan Sanitasi Bantuan Baitul Mall Aceh sebanyak 55 unit. kepada Kemasyarakat Desa Tetinggi dan Masyarakat kecamatan Blangpegayon.Bantuan diberikan secara Simbolist . 


Penyerahan Sani Rasi dan Air Bersih dihadiri Perwakilan Baitul Mal Prov Aceh. Baitul Mal Gayo Lues Insfektur . Kadis Perkim,  Camat Blangpegayon . 


Said mengatakan selama ini sumber Baitul mal berasa dari Zakat Infak dan Sedekah. Zakat yang diterimah dari gaji PNS kabupaten Gayo Lues . Zakat teraebut dibagikan kepada  masyarakat yang wajib menerima sesuai dengan ketentuan yang berlaku menurut syariat Islam. 


Selama ini zakat masyarakat yang dapat dikumpulkan hanya dari Hadil Panen Padi padahal zakat di desa banyak sumbernya seperti dari Hasil Panen Sere. jagung, Cabe dan Hasil Produksi pertanian lainya . Selain dibidang pertanian zakat juga dapat digali pada dibidang perternakan. Dengan dibentukanya Baitul Mal di Kampung dapat menyalurkan zakat kepada masyarakat yang wajib menerimanya.  Dengan zakat akan membantu pengentasan kemiskinan. Seperti yang di lakukan oleh Baitul Mal Aceh danabyang dibnantukan pembuatan Sanitasi dan Air bersih kepada masyarakat merupakan dana hasil zakat Infak dan Sedekah . 


Ketua Baitul Mal Gayo Lues Tgk Kamsah menyebutkan tujuan Bantuan Pembuatan Sanitasi dan Air Bersih kepada masyarakat yang ada dinhulu-hulu sungai untuk mengurangi pencemaran pada hulu hulu sungai. Sesuai dengan arahan Bupati dan wakil Bupati agar sanitasi di bangun kepada masyarakat yang ada di hulu sungai khusus masyarakat yang belum memiliki MCK di rumah. 


Dengan adanya sanitasi bantuan diharap masyarakat tidak lagi BAB di sungai sungai . Karena sungai ini sebagai sumber air bersih masyarakat banyak khususnya masyarakat yang ada di hilir sungai. Selain itu diharapkan agar sanitasi yang dibangun dapat dimanfaatkan dengan baik. 


Perwakilan Baitul Mal Aceh Tgk Rizki Aulia mengatakan tujuan pembangunan sanitasi bagi masyarakat. Yang pertama untuk kebersihan lingkungan khususnya bagi masyarakat yang berada dihulu air. Merubah kebiasaan masyarakat membuang air besar ke sungai. Dan kedua untuk memutus mata rantai kemiskinan dimana Aceh salah satu daerah termiskin di Indonesia. Indikatornya MCK. Masih banyak masyarakat Aceh khsusunya pedalaman yang tidak memiliki MCK. 


Pengulu Kampung Tetinggi mengucapkan terimah kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan Sanitasi dan air bersih . Diharap bantuan tersebut dapat memotivasi masyarakat lainya untuk membangun Sanitasinya. (     )


Leave A Reply